Posted by: aang | September 29, 2007

G30S PKI, peristiwa sejarah yang masih belum terungkap


Masih teringat waktu masih di bangku SD setiap malam tanggal 30 guru mewajibkan aku dan teman-teman untuk menonton film G30S PKI. Film yang hampir 6 tahun aku tonton tiap tahunnya. Kesan yang aku dapat film itu sungguh mengerikan dan lebih menakutkan daripada film Suzanna “Beranak dalam Kubur”. Apalagi adegan penculikan ketujuh jenderal dan penyiksaannya. Gila sadis banget!!!!

Sekarang ketika aku mengingatnya hmm masih aku rasakan kengerian film propaganda Soeharto tersebut. Rakyat berhak marah, kesal, bahkan menuntut Soeharto atas pelanggaran HAM. Betapa banyak korban akibat propaganda tersebut??? Data yang didapat banyak warga negara ini diculik tanpa alasan lalu dibunuh secara massal. Entah sekarang kita masih ingat atau lupa akan peristiwa tersebut. Lalu berapa banyak orang yang kehilangan haknya sebagai warga negara ketika ia dituduh sebagai keturunan anggota PKI atau tinggal di lingkungan PKI. Mereka kehilangan nyawa dan hak untuk mendapatkan pekerjaan tanpa ada kesempatan pembuktian dan pembelaan. Sebuah tragedi yang lebih mengerikan daripada tragedo holocaust, pembantain umat yahudi, yang belum tentu kebenarannya.

Kita sebagai generasi muda berhak tahu atas sejarah bangsa kita sendiri. Bagaimana kita bisa membangun negara ini sedangkan kita tidak mengetahui sejarah bangsa kita. Misteri dibalik peristiwa G30S PKI masih saja belum ada titik terang. Siapakah sebenarnya dalang di balik peristiwa ini dan sesungguhnya apa yang terjadi. Hal ini juga terkait dengan SUPERSEMAR yang melegalkan Soeharto menjadi penumbang partai komunis dan menjadikan dia diktator Indonesia selama 32 tahun ini. Semuanya masih di area abu-abu terlalu banyak versi yang ada dan seolah pemerintah dan pihak TNI tidak ada komitmen politik untuk mengungkap peristiwa tersebut. Semuanya kabur dan terkesan ada kelompok yang sangat kuat menjaga agar peristiwa ini tidak terungkap.

Dari peristiwa G30S PKI, kita sebaiknya mengingat betapa kelam dan suram masa lalu negara kita. Tragedi kemanusiaan yang terjadi pra dan pasca gerakan 30 September masih belum terungkap. Rakyat yang tidak bersalah sejak dulu telah menjadi korban politik kaum elite bangsa ini. Masing ingat tragedi kasus tanjung priok???? Yang sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai siapa dalang di balik semua ini. Kasus penculikan aktivis kemanusiaan pra dan pasca lengsernya Soeharto pun sama gelapnya. Para keluarga korban bahkan tidak mengetahui apakah mereka masih hidup atau mati. Tragedi semanggi, pembunuhan massal di madiun, solo, dan bali. Semuanya dalam tanda tanya.

Kita tidak boleh berhenti untuk menuntut pemerintah mengungkap semua tragedi yang terjadi di masa lalu. Juga tidak lupa kita sebagai penerus bangsa tidak boleh terlena dengan masa lalu dan lupa dengan masa depan bangsa kita. Sudah kewajiban kita membangun negara ini sebagai wujud kita menghormati arwah-arwah para pahlawan perjuang kemerdekaan Indonesia dan korban tragedi kemanusiaan. Terkesan klise memang tapi apakah membuat bangsa ini lebih baik adalah hal mustahil??? Tentu saja tidak jika kita memiliki kemauan kuat. Mungkin nanti bukan kita yang menikmati Indonesia yang mempunyai birokrasi bersih dari korupsi, negara dengan rakyat yang makmur, sejahtera dan aman. Tentu saja sama dengan halnya pahlawan-pahlawan kita yang tidak pernah menikmati hasil perjuangannya.

Saatnya kita merenung apa saja yang sudah kita berikan pada negara ini??? Dengan peristiwa ini harusnya bisa membuat kita bangkit dan berjanji bahwa tragedi seperti ini tidak boleh lagi terjadi. Pun tetap mencari kebenaran sebagai bentuk penghormatan kita kepada korban-korban pembelokan sejarah bangsa.


Responses

  1. Sore coy
    Waduh aku sangat surprise sekali membaca tulisan anda.kebetulan saya juga sedang mengkaji tentang kebenaran sejarah indonesia khusus nya tragedi tahun 1965.Walau pun saya mengakaji nya bukan dari bangku kuliah namun hanya mengandalkan info dari pengakuan tapol dan napol yang ada dan telah mengatakan sikap di internet.Membaca tulisan anda saya merasa anda juga punya tujuan sama dengan saya bagai mana kalau kita membuat suatu organisasi pemuda untuk kebenaran sejarah.trims

  2. wah terima kasih atas pendapatnya. mengenai organisasi pemuda pencari kebenaran sejarah???? boleh juga tuh. tapi bukankah sudah ada tim pencari sejarah yang anggotanya dari pemuda yakni mahasiswa, sejarawan, dan para guru???

  3. terus terang film penghiatan 30 September itu adalah rekayasa aja…karena menurut data2 yang pernah saya baca seperti corrnel paper ngga ada tuch namanya penyiksaan dan pengaiayaan saya rasa itu cuma lelucon politik saja terlalu hiperbola dan siapa sebenarnya dalang di balik itu juga sampai saat ini juga masih kabur karena kita tidak akan pernah bisa tahu selama masih ada orang2 orde baru andaikan saya kenal dengan sutradaranya saya akan bertanya darimana dia dapat skenarionya?

  4. Hanya orang goblok yang mau menanyakan urusan itu. urusi aja gimana kau bisa bikin bangsa ini besar. dasar bego

    • emangnya lo udah bisa apa mengenai bangsa kita ?

  5. Komentar dari IWAN BUDIYANTO pasti itu contoh budaya generasi muda yang picik. saya sendiri sangat menyukai informasi mengenai G30S ini, hanya untuk mecari kebenaran karena sudah sejak kecil otak sudah dijejali dengan CERITA KEBOHONGAN, 7 jendral yang diangkat menjadi pahlawan, dibuatkan patung, oleh orang yang justru dialah pembunuhnya, dengan kambing hitam PKI. Sudah berapa energi ya dihabiskan selama masa sekolah menghafal segala kebohongan, ikut P4, PSPB, sejarah Indonesia, masih ingat pertanyaan “Coba jelaskan istilah IPOLEKSOSBUDHANKAMNAS..!), REPELITA, Era Tinggal landas. Semua omong kosong, nyesel sudah hapalin segala kepentingan politik. Saya bukan PKI (belum lahir), tidak anti Suharto, bukan Komunis, tapi mencari kebenaran supaya kedepannya tidak tertipu lagi.

  6. aku memang gak terlalu tau tentang sejarah. Tapi, aku mau belajar tentang sejarah,yang dimulai dari sejarah negeri kita sendiri. bisakah diartikan, bahwa kita berarti tidak memahami sejarah kita sendiri??? karena…selama ini kita dimasuki dengan peristiwa sejarah yang sangat up to date yaitu kebodohan. Selama ini itulah peristiwa sejarah yang terselubung. Begitu banyak masyarakat yang tak tau apa sejarah negara kita sendiri. Menurut saya itu termasuk peristiwa sejarah. Tapi…peristiwa itu terselubung dan berlangsung secara kontinuitas. Bener gak…y? Tapi,itu yang saya pikirkan. Itulah yang penting dalam zaman sekarang

  7. ang..coba baca buku Legacy of Ashes, the History of CIA (Membongkar Kegagalan CIA) karya wartawan koran The New York Times, Tim Weiner..Ada versi baru tentang cerita penumpasan PKI..bawa2 Adam Malik..

    ga penting banged sih orang Indo nih..

  8. memang sepantasnya kita mesti mengetahui yang sebenarnya tentang G30SPKI karena sekian tahun memori kita telah dirasuki dengan segala kebohongan, hal ini cukup terbukti dengan adanya film G30SPKI yang sangat hiperbolik dan untuk ini kita harus yakin bahwa kebenaran akan terungkap dan segala kebohongan dan rekayasa akan terkuak

  9. hai hai hai hai hai hai hai aku jaka qmu siapa eh mf slah kirim anjing goblogxxxxxxxx

  10. ya iya sih. tapi ya g’ usah nyalahin pak harto,donk. Wong pak Harto tuw presiden yg plg baik stlh pak karno. Coba kamu bandingin jaman pak harto ma jaman skrng. Di jaman P. harto kita kan makmur! G’ kaya’ skrng!!!

  11. Saya adalah orang yang ingin mengetahui kebenaran,tapi setelah saya merenung da membaca berbagai versi g30s PKi,saya emang berfikir PKI seharus nya emang harus di tumpas karena tidak sesui dengan PANCASILA,sebagaimana negara ini kan berlandaskan kepada pancasila,yang sila ke satu menyebutkan tentang ketuhanan yang maha esa,sedangkan PKI adalah komunis,..
    saya bukan siap2 tapi Bpk soeharto menurut saya orang yang arif bijaksana dalam hal ini.
    saya bukan pro soeharto,maupun PKi,tapi saya hanyalah pencari kebenaran.
    Bila ada kesalahan dalam kata2 saya,saya mohon maaf sebesar2 nya..thanks.

  12. owwhhh……

    jadi cerita yang sebenarnya seperti itu y.
    ternyata dalang dari segala kekerasan yang terjadi waktu itu akibat ulah dari soehato,yang sebenarnya mempunyai ambisi menjadi seirang diktator di indonesia.
    makasih y aku jadi lebih semangat belajar sejarah.

  13. heiii, justru pak karno lah yg dekat sama PKI, pak karno yg sering ke CHina nemuin Mao Zedong(mbah komunis) , pak karno ingin menjadikan pancasila menjadi sosialis….namun ditentang oleh AD, salah satunya A.H Nasution,dll
    maka dari itu gestapu dilancarkan kepada pejabat AD agar tdak ada lagi yg akan mneghalangi niat pak karno,,, AH.Nasution ka juga jadi target tpi berhasil lolos..

  14. saya sangat mendukung dengan semua itu sekrang banyak generasi muda yang melupakan kejadian G30S.mulai sekarang saya akan terus blajar untuk memperjuangkan bangsa ini selamanya,dengan semangat yang tinggi..trimakasih

  15. Hai..Kawan jangan kalian menjadi bodoh karena memikirkan kebalakang , pikirilah ke depan bagaimana bangsa ini bisa lebih maju dari bangsg lain , biarkan itu sebagai sejarah masa lalu , dan semua perbuatan yang baik dan buruk pasti ada balasannya..Tuhan maha mengetahui

  16. Maaf saya mw meluruskan sdikit sodara robby. kita ini kan hrus belajar dri kesalahan yg lalu agar bsa membuat negara ini lebih baik, lah kalo kitanya aja ga tw tentang kebenaran di masa lalu apa yg mw dipelajarin? Kebohongan belaka yg akan trus berlanjut? Memang benar tuhan maha mengetahui,tpi bukankah bgus kita mencoba utk mengetahui kebenaran d blik tanda tanya ini dgn usaha kita?saya hanya ingin menyampaikan pendapat,jdi saya mohon maaf bila ada kesalahan kata yg bisa membuat sodara merasa tersinggung

  17. Bnr bgt aya,,,kl qt bljr dr ssuat yg slh hslny pzt slh trz,qt hrz brpkr krits tntg hal ini,,supersemar pun msh jd mstri hnga kni pk sukarn0 membri ato mlh suharto yg mminta??hnya org2 yg b0d0h yg blg k0munis itu jahat,,ingat DN Aidit prnh pdat0 dhdpn rkyat “ddpan thanq aq se0rg islam,tp ddpn rakyat aq se0rg k0munis”

  18. SAYA ORANG MADIUN…
    MEMANG BENAR ADANY KJADIAN2 ITU…
    KAKEK SAYA PERNAH CERITA… SIAPA SAJA PKI ATAU KTURUNANYA PASTI MATI… SAKSINY ADALAH KALI MADIUN YG DULU DIJADIKAN PEMBUANGAN MAYAT2 TANPA KEPALA… YANG JADI PERTANYAAN SAYA KENAPA ITU BISA TERJADI? MEREKA KAN ORANG INDONESIA JUGA … KOK BISA DIBUNUH… NEGARA KOK CARUT MARUT YA.

  19. Komunis=komunal=comunity=kebersamaan. Maju tidaknya bangsa tidak dipengaruhi paham komunisme. Cina maju tu nyaingi amrik padahal komunis. Soviet malahan runtuh padahal komunis. Sejarah memang harus diluruskan dmana keadilan harus ditegakan. Pki disalahkan tanpa pembuktian lewat pengadilan terhadap hasil penyelidikan tentara waktu itu. Bahkan mayat 7 jendral ga ada publikasi hasil autopsinya. Jd ga jelas apa mereka dianiaya atau tidak… Bangsa akan maju saat rakyatnya mau kerja keras termasuk kerja keras meluruskan sejarah. Jaman soeharto enak? Enak sih enak hbis rakyat dimanjakan subsidi pake hutang luar negri dan pembangunan tersentral di pulau jawa… Sekarang sampai 7turunan ga bakalan lunas tuh

  20. Ijin! Saya kutip sedikit ya, tulisan anda di http://novheliea.blog.friendster.com/2010/09/peringatan-30-september/
    Thanks.

  21. film2 g30s pki tuh djaman skrang msih ada ga ya…….

    • ada

  22. terlepas dari siapa yang salah atau benar,tapi yang terpenting PKI memang harus ditumpas di muka bumi ini,Namanya aja Komunis,komunis itu selalu menghalalkan segala cara.Terima kasih Pa Harto

  23. wes kari nompo penak’e ae mbramyang kabeh,butohe sesok golek sego lak wes q seng asli wong MADIUN gembong PKI terbesar se indo ae meneng ae kok,,,,,,,,,,butohe piye sesok ben entok upo

  24. TAHUKAH ANDA???
    1.pki jelas2 adalah kambing hitam untuk merebut kekuasaan sukarno dengan bantuan cia
    2. Pembunuhan 7 jendral adalah rekayasa suharto untuk melakukan pembantaian atas pengkambing hitaman pki
    3.Terlalu banyak rakyat yg tak brdosa dan tak tau apa2 diculik dan dibunuh. Diperkirakan 500.000 sampai 3.000.000 korban jiwa dengan tuduhan antek pki
    4.supersemar merupakan kebohongan besar. Yg benar adalah pemaksaan penandatanganan penyerahan kekuasaan atau kudeta(kalo sukarno masih hidup, nangis dia lihat sejarah diputer balikkan).
    5.zaman suharto enak ya? Memang benar, dalam 32 tahun hampir seluruh kekayaan alam Indonesia dikeruk habis2an dari Sabang sampe Merauke. Minyak bumi kering, tambang emas Free port udah hampir habis, gas alam, batu bara, kayu hutan, semua ludes diberikan kepada si dalang biang keladi Amerika. kalo diperhitungkan hasil yg dikeruk oleh si Amerika dan konco2nya mungkin udah jutaan trillyun. Yg tinggal adalah hutang 1000trillun. memang nampaknya enak ya? 32tahun berfoya-foya menghabiskan kekayaan negara(bagi hasil sama Amrik) dan (bagi2 proyek sama pejabat2 dan anak buahnya)? Tahukah anda kalo Indonesia dikelola dengan baik dari dulu, sekarang ini mungkin lebih kaya dari pada negara China.

  25. memangnya aku bisa komen?aku nggak tahu ini dimana?aku gaptek?jangan dilihat dari seputar Indonesia saja?aku hanya khawatir?negara ini masih dijajah?oleh sekutu?dg pimpinan USA.mau bukti?kemana larinya emas Indonesia?yg diawali dari lengsernya mendiang Sukarno dg cerita G30S/PKI.yg bisa saja terjadi akibat sabotase dari fihak luar?atas nama kekayaan alam Indonesia?

  26. rasanya tidak ada manusia yg kuat membayangkan 500 ribu orang mati di bantai.ditanah ini sempat terjadi pesta oleh iblis,atas nama kekuasaan?perang itu harusnya seperti catur?kalau rajanya mati,ya sudah?tapi yg pernah terjadi disini tidak seperti itu?melainkan dibabat habis sampai pion pionnya?ratusan ribu orang,tidak berdosa hey politik bangsat, yg telah kau bunuh?kenapa tidak mengikuti ide Sukarno:ganyang malaysia??atau mungkinkah cerita itu sengaja dibuat terjadi untuk mengantisipasi niat itu?

  27. PBB sebagai wadah dunia,diantaranya tentang HAM,dimana negara ini termasuk anggotanya,menurutku perlu turun tangan meluruskan masalah ini?500 ribu,hingga jutaan nyawa melayang,dg alasan yg tidak jelas,itu bukan masalah yg sepele?kami tidak bisa menyelesaikannya sendiri secara internal?generasi kami dimasa mendatang wajib tahu apa yg sebenarnya terjadi hey mr pinter?yg duduk disono tuh,di united nation?

  28. kalian semua tau apa tentang sejarah..??
    kalian hanya mmbaca sejarah… bukan manjalankan pada saat itu..
    apa kalian pernah tau, ada kata2 yang di tambah dan di kurangkan oleh penulis yang pro suharto dan pro komunis..?
    kalian
    hanya bisa berbicara ibarat kata tong kosong nyaring bunyinya….
    urusin diri kalian masing2 dulu sampai bener,baru urusin kehidupan orang……

  29. Ini SEJARAH NYATA yang diakui dunia, negeri kita dijajah belanda selama 350 tahun, kita tak berdaya mengusirnya. Alhamdulillah tiba-tiba jepang datang, dalam waktu 24 jam belanda minggat terbirit birit. Eeee….ternyata jepang giliran menjajah kita hingga 31/2 tahun kita tak berdaya dalam kungkungannya. Tapi alhamdulillah tiba-tiba amerika menjatuhkan bom atom buatan rusia di jepang yang membuat jepang minggat dengan loyo. Ternyata kita ini cuma berani menjagal dan menumpas bangsa sendiri, tetapi tidak untuk bangsa asing yang menyerang dan menjajah.

    • mantap bro komenya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: