Posted by: aang | January 27, 2007

hasil bertapa di ciawi selama 2 minggu


Dua minggu yang lalu, lebih tepatnya tanggal 14 januari, hari yang paling ditunggu oleh teman-teman angkatan kerja baru BPKP. kenapa? karena pada tanggal 15 januari kami akan mengikuti diklat prajabatan alias prajab selama dua minggu. wah sebelumnya aku sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. sebelumnya aku sudah menyiapkan mental untuk tidak overexpected tentang kondisi asrama dan suasana yang akan di alami. alhamdulillah! ternyata keadaan pusdiklatnya boleh dibilang bagus banget. katanya anggaran untuk pusdiklat ini memang yang paling bagus dan anggarannya terbesar di antara pusdiklat yang lain. mengapa demikian? karena selain sebagai tempat diklat internal pegawai bpkp juga dipakai untuk diklat instansi pemerintah yang lain dalam rangka meningkatkan manajemen dan pengawasan keuangan dan pembangunan yang lebih baik.
sebagai deskripsinya, kami dibagi 4 orang untuk per kamar. jadi di dalam kamar ada 4 buah tempat tidur dan ruang kamar mandinya dibagi 4 sekat. 2 shower room, satu wc duduk, datu wc jongkok, dan watafel. karena kami di lantai empat jadi pemandangan dari balkon SUBHANALLAH indah banget. lingkungan sekitar ciawi yang masih asri dengan suhu yang lumayan dingin dan pohon-pohon beserta sawah. ALHAMDulillah! pemandangan sekitar sungguh menyegarkan pikiran dan jiwa kita.
nah acara prajabnya selama dua minggu itu ternyata di sekeras yang aku bayangkan. selama ini yang aku pikirkan itu diklat prajab itu semi militer. ternyata dari sepuluh hari itu hanya satu hari saja kami berlatih baris-berbaris bersama dengan pihak polres bogor. itupun bapak dan ibu polisinya juga baik-baik dan gak galak-galak. kedua makanannya yang kelas menengah sehingga kalau tidak pintar-pintar menahan diri bisa buncit neh perut.
wah selama prajab ternyata banyak gunanya juga. selain mendapat wawasan apa dan bagaimana seh PNS itu. juga mendapat info mengenai BPKP yang sekarang dan ke depan. ternyata tanggung jawab yang diemban bpkp ke depan sangatlah berat! Astagfirullah! aku langsung merasakan beban yang sangat berat. takut satu saja godaan duniawi yang membuat aku menghianati negara. yah aku berdoa semoga kehadiran angkatan kami merupakan bagian dari solusi negara ini bukan bagian dari masalah negara yang semakin akut.
banyak sekali pengalaman dan ibrah yang aku dapatkan selama prajab. yang jelas adalah aku semakin mendapatkan panggilan ALLAH untuk kembali ke jalan yang sebenarnya. Alhamdulillah! Allah masih sayang denganku. kini aku sadar untuk kembali menanggung konsekuensi apa seh setelah berikrar syahadat. sementara lalu aku hanya tahu tapi aku secara sengaja menhindar. ya ALLAH ampuni hamba! Jadiklanlah Hamba ini Seorang mukmin yang istiqomah! berilah Hamba penempatan yang baik bagi dunia dan akhirat hamba. Jangan Engaku biarkan hamba mati dalam keadaan tidak bertakwa padaMU! jadikanlah Hambamu ini samurai-samurai yang mengabdi padaMU dan Rasulmu. jadikanlah kami semua bagian dari solusi bangsa bukan menambah masalah bangsa. amien!!!!!


Leave a Reply

Categories

