Posted by: aang | September 23, 2007

I will be happy in my own Way


Happiness atau kebahagian. tentu suat hal yang paling didambakan oleh seluruh manusia. ada yang ingin mencapai kebahagian lewat harta, wanita, tahta atau kekuasaan atau hal yang lainnya. seperti kata pepatah kebahagiaan itu bukan dicari tapi dibentuk oleh diri kita sendiri.

hal ini berarti bahwa kebahagian itu bersumber dari kita sendiri. itu yang aku resapi dari berbagai ceramah ustadz, artikel di majalah, dan buku. berarti yang menentukan bahwa kita bahagia atau tidak itu berarti kita sendiri.

seperti yang aku baca di salah satu buku motivator bahwa hidup ini dibagi menjadi dua lingkaran. lingkaran dalam dan lingkaran luar. lingkungan dalam itu diri kita sendiri yang mencakup idealisme kita, sudut pandang kita, pikiran kita, perasaan kita, dll. sedangkan lingkaran luar itu semua hal yang di luar tubuh kita misalnya garis keturunan, kejadian sehari-hari, sikap orang lain, cuaca, dan hal yang kita tidak punya kuasa untuk mengaturnya.

nah berdasarkan ajaran Islam bahwa semua manusia adalah pemimpin setidaknya untuki dirinya sendiri. hal ini bisa dihubungkan dengan lingkaran dalam. di mana apa yang kita rasakan, pikirkan, dan yang kita cerna itu tergantung dari diri kira sendiri. maksudnya, ada ayat kan bahwa tiap manusia menanggung perbuatan sendiri. maksudnya Allah maha adil pertimbangan amalnya bahwa manusia bertanggung jawab atas dirinya sendiri.

kalau aku artikan secara pribadi, bahwa semua yang terjadi dengan kita baik itu sedih, bahagia, kesuksesan, dan kegagalan adalah tanggung jawab kita.

dalam hal ini aku ingin membicarakan tentang kebahagiaan.

banyak orang yang bertanya apa itu kebahagiaan sehingga membuat aktor kawakan richard gere mau tinggal di tibet demi mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan.begitu pun dengan diriku sendiri yang selama ini terus belajar untuk mencari apa artinya kebahagiaan.

sebelumnya, aku berpikir bahwa kebahagiaan dapat aku rasakan dengan seiringnya prestasi yang aku raih, banyaknya barang bermerk yang aku punya, banyaknya teman yang aku punya, dan lainnya. tapi itu semua nonsense malah semakin membuatku merasa kurang dan selalu saja merasa malang.

ternyata kebahagiaan itu ada dalam diriku sendiri atau lingkaran dalamku. Apa yang terjadi tiap detik dalam hidup kita memang kita tidak bisa mengaturnya karena itu mutlak Hak ALLAH. tapi, apa yang terjadi dalam lingkaran dalam kita yaitu sikap atas apa saja yang terjadi dalam lingkaran luar itu sepenuhnya kuasa kita.

jadi terserah kita apakah kita akan bersikap positif dengan datangnya hujan lebat pada pagi hari ini atau malah mengumpat.

terserah kita apakah kita untuk memilih sabar dalam menghadapi ujian atau malah terus memikirkan sampai kita jadi stress.

apakah kita akan bersyukur setiap hari ataukah kita akan mengumpat dan selalu merasa kurang dengan apa yang telah diberi.

mungkin terdengar klise dan sok agamis tapi memang aku merasakan sendiri bahwa dengan bersyukur hidup ini terasa lebih indah.

hey mungkin kalian gak setuju. tapi coba renungkan. aku ditakdirkan dari keluarga yang tidak utuh. sekarang mana yang lebih baik bagiku mencela pembuat takdir, memaki bapak ibuku kenapa mereka dulu bercerai, dan selalu menangisi hidup. di mana yang ada aku tidak pernah membuat prestasi satu pun dalam hidup ini karena aku disibukkan dengan sesalan masa lalu yang bukan kuasaku. atau menerima nasibku dan berjanji akan menjadi lebih baik dan kegagalan rumah tangga orang tuaku bukan penghalang untuk kesuksesan hidupku.

bukankah ALLAH tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum itu sendiri tidak berusaha mengubahnya. juga Allah akan menambah rezeki pada hambaNya yang senantiasa selalu bersyukur.

itu yang aku sedang berusaha mati-matian menerapkannya. jujur untuk sabar dan menjadi orang yang bersyukur sangat susah. selalu aja ada bisikan dan godaan untuk selalu merasa kurang. at least aku tahu kunci kebahagiaan buatku dan aku akan bahagia dengan caraku sendiri.


Leave a Reply

Categories

