Posted by: aang | October 1, 2007

Tragedi di Birma, kekerasan militer terjadi lagi


ini foto yang aku ambil dari situs bbc Indonesia. Lagi-lagi kekerasan militer terjadi di muka bumi ini. Militer dengan kekuatan senjatanya menindas rakyat yang lemah dengan arogan dan kedikdatorannya. Sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi kalau penguasa negara tahu bahwa dia berkuasa untuk melayani rakyat ini.

Demo ini dipicu oleh keniakan BBM sebesar 500% di mana rata-rata rakyat di birma tergolong miskin. Dan kelompok junta militer di birma berkuasa dengan kediktatoran dan bisa dipastikan korup dan tidak adil. Para biksu dan rakyat melakukan demonstrasi atas keputusan secara sepihak oleh pemerintah.

Akibatnya banyak korban yang berjatuhan. Menurut pemerintah Birma kepada pimpinan ASEAN korban yang jatuh diperkirakan sekitar 10 orang. Namun, masyarakat internasional yakin jumlah korban lebih banyak dari yang dilaporkan pemerintah birma. Bahkan lima vihara ditutp padahal budha adalah agama terbesar di negara tersebut.

Kejadian ini lebih mengerikan daripada tragedi semanggi. Kita bangsa Indonesia yang pernah mengalami hal ini patut bersyukur Karena telah melewati masa-masa tersebut. Tapi juga turut berduka dan menunjukkan solidaritas kita sesame bangsa ASEAN dan warga dunia. Tunjukkan bahwa kekerasan tidak menyelesaikan masalah. Tunjukkan kediktatoran adalah melawan HAM. Tunjukkan keperdulian kita.

Turut berduka dengan apa yang terjadi di Birma. Semoga kekerasan di muka bumi ini musnah dan kita bisa hidup dalam harmoni dan kedaimaian.

(apa yang terjadi jika para biksu yang berbaju selembar kain beserta rakyat melawan militer yang bersenjatakan lengkap. Bukankah militer melindungi warga sipil???)

All picture taken by: BBC Indonesia


Responses

  1. biarin ajalah
    thailand ini bukan indonesia

  2. lagian tuh biksu so jadi pahlawan amat…
    coba dia tenang aja diem di kuil…
    pasti aman…
    ya gak?

  3. saya setuju

  4. sebenarnya kejadian ini sudah ada di indonesia tapi dalam bentuk lain tp mudah2x selamanya ga bakal terulang lg…………………….

  5. Aku Blogger Mati Suri…

    Posting ini menarik. Sehingga saya menambahkan Trackback untuk blog saya. Terimakasih!…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: