Posted by: aang | October 2, 2007

Global warming, sudah sadarkah kita (part 1)


“ang mau pake pc gak?” tanya kawan sewaktu perombakan ruang prolap.

“gak ah mas aku pake laptop gue aja deh. Lagipula pemborosan listrik kalau pake PC lebih hematan Laptop. Yah hitung2 mengurangi efek rumah kaca. Global Warming!” seruku dengan semangat 45. Spontan orang-orang yang ada disitu kaget. “wah aang kesambet apaan neh??? Pulang dari langsa kok ngomongnya global warming aja.”

Another scene

“ang lo jadi beli sepeda motor gak? Ada yang jual tuh bekas?” ukas salah satu aktivitas pencinta alam semasa kampus.

“gak ah. Aku berpikir beli sepeda gunung aja lah. Hitung2 mengurangi pemakaian bensin n produksi emisi gas rumah kaca.”

“halah” balasnya dengan cuek. Kok gitu seh harusnya dia antusias dong dengan ancaman pemanasan global.

Aku heran kenapa belum banyak orang yang perduli dengan ancaman pemanasan global. Padahal baru saja PBB mengumpulkan negara-negara anggota termasuk Indonesia membahas pemanasan global. Bahkan Presiden SBy memimpin rapat untuk khusu membahas pemanasan global tersebut.

Isu ini telah menjadi permasalahan internasional. Jadi tunggu apa lagi????

Beberapa efek dari pemanasan global adalah:

  1. Perubahan cuaca yang tidak menentu. Ingat kan dulu kalau jaman-jaman SD bulan agustus udah masuk musim hujan selama 6 bulan. Sekarang??? Musim panas kadang lebih panjang juga musim hujan kadang lebih panjang atau pendek. Bahkan di daerah subtropis musim saljunya lebih pendek. Salju-salju di puncak gunung tropis seperti di gunung Jayawijaya juga sudah mulai mencair.
  2. Naiknya permukaan laut dan berkurangnya daerah dataran. Hal ini akibat mencairnya salju abadi di kutub utara dan selatan (tiga gambar diatas tuh kayaknya mewakili). Akibatnya ya banjir badang, badai, dan berkurang daerah pantai. Juga terancamnya populasi beruang kutub.
  3. Populasi manusia akan terancam. Ya iyalah bo (lah kok jadi logat penghuni taman lawang) kalau salju abadi di dua kutub bumi mencair apa kita gak tenggelam ramai-ramai tuh kayak jaman nabi Nuh. Ya gak tuh???
  • To be continued –


Responses

  1. yup..gw setuju banget…..masih banyak yg gak aware….

  2. Gimana dunk supaya orang pada aware???Orang Indo yang terkenal ramah dan perhatian ama turis2 tapi kok ga pduli ama bumi kitaa sendiri sih???
    Orang Australi udah ada demo 150000 total untuk Champaign ttg Global Warming…
    Kita kalah??

    Setelah kalah teknologi…kita juga kalah akan sifat peduli kita pada bumi kita sendiri???
    1-1-nya t4 qta hidup?

  3. wew,,, bagus buanget ini ,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: