Posted by: aang | October 30, 2007

Pendapat anwar Ibrahim – From Detik.com


Anwar Ibrahim: Malaysia Memang Suka Remehkan Tenaga Asing

Melly Febrida – detikcom

 

Jakarta – Kasus penyiksaan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia tak pernah habis-habisnya. Pemerintah Malaysia dinilai cenderung meremehkan masalah yang melibatkan tenaga asing.

 

Mantan Wakil PM Malaysia Anwar Ibrahim menjelaskan, memang ada penelitian yang menunjukkan ada kecenderungan Malaysia meremehkan masalah yang melibatkan pekerja asing, baik Indonesia, Bangladesh, maupun negara lain.

 

“Tapi saya berpendapat sikap pemerintah terkadang meremehkan tenaga asing dan orang-orang di bawah,” kata Anwar di Habibie Center, Jl Kemang Raya, Jakarta Selatan, Senin (29/10/2007).

 

Kecenderungan menghina, lanjut Anwar, bukan hanya kepada TKI saja tapi juga pekerja asal Bangladesh. Hal itu dilakukan karena TKI dikenal sebagai pekerja asing tanpa izin.

 

“Tapi kita lupa, kenal Indonesia dulu karena tokoh-tokoh besarnya. Dari zaman Diponegoro, Soekarno Hatta dan sebagainya,” ujarnya.

 

Menurut Anwar, dalam masalah TKI ini seharusnya kedua pemerintah memberikan pandangan yang bijak. Pemerintah Malaysia diimbau untuk mengambil tindakan yang wajar dan tidak membiarkan penganiayaan ini sebagai suatu hal yang remeh.

 

Sedangkan untuk pemerintah Indonesia, Anwar mengusulkan agar berpendirian yang jelas dan tegas untuk kepentingan rakyat.

 

“Saya berbincang dengan teman dan menyerah pada kebijaksanaan mereka (Indonesia). Tapi saya mengusulkan agar memberikan pendirian yang agak jelas dan tegas dalam hal yang menyangkut kepentingan rakyat terutama dari sudut keadilan hukum,” ujarnya.

 

Anwar pun setuju dengan pandangan aparat Malaysia yang terkesan lambat dalam menangani masalah TKI.

 

“Saya setuju. Bahkan pandangan kita juga kemukakan secara terbuka bahwa untuk menjamin hubungan yang lebih baik itu harus kita tunduk kepada hukum dan jangan lengah dan coba menampikkan,” pungkasnya. (mly/umi)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: