Posted by: aang | December 31, 2007

Kala (VCD)


Ok aku telat banget membahas film ini. Tapi aku yakin banyak yang belum tahu film ini karena jadwal beredar film ini sangatlah cepat. Maka dari itu aku tidak sempat menontonnya di bioskop.

Film garapan Joko Anwar ini bertema surealis dan mengambil inti cerita mitos harta karun kerajaan-kerajaan Indonesia jaman dulu yang disimpan oleh presiden pertama dan ramalan jayabaya yang dicampur jadi satu. Hasilnya film ini berbeda dari film-film Indonesia lainnya yang hanya bertema cinta dan hantu. Gambar film ini pun bertema tahun 80’an dengan warna-warna sephia. Sangat klasik nuansanya dan menjadikan film ini sangatlah bagus. Akting yang menonjol kali dalam film ini justru Shanty yang hanya jadi tokoh pendukung saja. Ario Bayu yang merupakan pendatang di perfilman Indonesia berhasil tampil memukau. Plot cerita ini dibuat rapi sehingga tidak kendor di penghujung ceritanya. Bahkan 15 menit terakhir film ini kita belum bisa menebak siapa sih dalang pembunuhan di film ini. Dari segi sinematografi film ini konsisten dengan mengambil tema klasik. Dari pengambilan warna yang dominan, bangunan yang dijadikan latar film ini, bahkan sampai kotak telepon, mobil, dan bus jaman dulu. Yang patut diancungi jempol adalah dialog dalam film ini menggunakan bahasa Indonesia yang baik setidaknya di atas rata-rata film lain. Maka dari itu di FFI 2007 film ini dianugerahi dengan film berbahasa Indonesia terbaik dari budayawan Riau.

Yang patut kita perhatikan adalah tanpa kita sadari film ini berbau Gay. Dengan banyak menonjolkan adegan cowok bertelanjang dada.ada juga adegan Ario Bayu dan cowok yang jadi bintang iklan di pasta gigi formula yang hanya memakai boxer di atas ranjang. Yah ceritanya mereka habis making love. Tanya kenapa??? Kayaknya kita sama-sama tahu alasannya.

Tapi film ini pantas ditonton. Film ini bobotnya seimbanglah dengan Nagabonar 2 bedanya adalah Kala bertema drama surealis sedangkan Nagabonar 2 bertema drama komedi. Jayalah Perfilman Indonesia!


Responses

  1. mMm…jadi penasaran, pengen nonton…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: