Posted by: aang | September 19, 2008

Zakat Berdarah


Pastinya kalian udah pada tahu ada kejadian pembagian Zakat yang memakan korban sebanyak 23 orang meninggal. yup, it happened in Pasuruan the places I spent my High School’s years. Cukup kaget juga kalau ritual itu ternyata memakan korban sebanyak itu. Setahuku pihak penyelenggara Zakat Berdarah itu memang melakukan pembagian uang kepada kaum fakir seperti yang mereka lakukan tahun ini setiap tahunnya. Jadi sebenarnya gak begitu kaget juga cuma yang mengagetkan adalah banyak korban yang berjatuhan.

Setelah bertanya-tanya (kebetulan ada kawan yang kerja di Reskrim di kota Pasuruan) dengan kawan-kawan yang ada di Pasuruan kejadian tersebut membuat warga kota Pasuruan shock. Lokasi kejadian tragedi tersebut pun sekarang dijadikan tempat pengajian buat mendoakan para korban.

nah setelah usut punya usut, entah itu penilaian objektif atau subjektif kesalahan memang terdapat pada kelaurga penyelenggara. kenapa begitu? pertama yang aku tahu pengumuman bagi-bagi sedekah itu diumumkan lewat radio di Pasuruan di mana banyak orang yang mendengar dan otomatis bakalan banyak sekali orang yang datang entah itu benar-benar orang miskin atau yang pura-pura miskin. kedua, tidak adanya koordinasi dengan pihak kemananan setempat untuk mengawal proses pembagian sedekah tersebut. jadi? gak heran kan kenapa banyak korban di pembagian sedekah itu.

so, maaf kasar ya karena ini memang bikin aku marah dan malu pihak penyelenggara memang goblok. pertama, menurutku kalau itu memang mau bagi sedekah kenapa tidak lewat lembaga penyalur zakat,infak, dan sedekah saja? selain bisa disalurkan kepada pihak yang tepat juga menjaga niat kita yang memang Lillahita’ala. kalau yang seperti sekarang diumumkan lewat radio gitu apakah gak terkesan sombong dan pamer plus riya? as if they said “hey people of Pasuruan! Look at us we are a very rich and generous family. we want to give mone to poor people in Pasuruan.” Damn they are! selain itu perkara memberi sedekah bukan hanya memberi begitu saja tapi bagaiman sedekah itu bisa memberdayakan mereka yang menjadi miskin menjadi tidak miskin. itulah alasan kenapa di jaman khalifah ada lembaga Bazis.

ok fine! kalau memang kita ingin menyalurkan sendiri bantuan itu mbok ya dibikin kegiatan itu secara cermat biar berjalan dengan lancar. pakai kupon kek biar yang datang gak rebutan lagi karena yang berhak mengambil itu yang memagang kupon. atau gak meminta bantuan kepada pihak keamanan untuk menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan tersebut. kayaknya Anak-anak SMA lebih pandai dari mereka karena dulu pun kami membagi daging kurban dengan menyerbak kupon terlebih dahulu. jadi hanya mereka yang memegang kupon saja  yang berhak mengambil daging kurban. so, selama tiga tahun aku dan teman-teman menyelenggarakan pembagian daging kurban Alhandulillah tidak terjadi hal-hal yang buruk.

Kalau kita menyalahkan kaum miskin yang gak bisa tertib dan berdesak-desakan hmm kayaknya kurang tepat. masalahnya adalah mereka kaum miskin guys di mana kondisi ekonomi dan intelejensia yang berbeda banget dengan kita-kita yang lulusan universitas atau setidaknya SMU. so wajar mereka datang berbondong-bondong dan berdesak-desakan karena takut gak kebagian.

semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari ini semua dan tak henti-hentinya aku menganjurkan teman-teman untuk menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah kepada Lembaga yang bersangkutan. Insya Allah di kota besar dan sudah menyebar juga di kota kecil ada RUmah Zakat atau mungkin BAZIS di daerah masing-masing. mari kita menjaga amalan kita dari rasa riya dan sombong dengan menyisihkan rejeki kita secara diam-diam tapi tepat sasaran lewat Lembaga AZIS. kalau lewat Rumah Zakat lebih gampang lagi tinggal transfer lewat atm dan sms ke sms center untuk konfirmasi rincian dana terus beres deh. kunjungi saja kalau berminat untuk tahu lebih lanjut.

MySpace turut berduka cita buat saudara-saudaraku di Pasuruan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: