Posted by: aang | October 3, 2008

Lebaran Lebaran ayo kita main petasan (nah Lo!)


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H.

Mohon Maaf Ya Lahir dan Batin. Maafin semua kesalahan yang pernah aku perbuat lewat tulisan-tulisan di blog ini.

Gimana liburannya? Pastinya semuanya bahagia karena bertemu dengan keluarga terutama orang tua.

Lebaran adalah ritual tahunan yang tidak lepas dengan namanya silaturahmi, angpaw, ketupat, dan juga opor ayam. Idul Fitri atau lebaran memang tidak lepas dari namanya silaturahmi. ok semuanya udah tahu lah kalau itu tapi apakah semuanya udah bisa nih memaafkan kesalahan saudara-saudara kita?  klo kata iklan “mulai dari nol lagi ya pak!” nah apakah kita bisa??

angpaw, satu hal yang selalu dinanti kita saat kita kecil dulu. aku masih inget banget dulu momen lebaran adalah momen yang sangat kutunggu tunggu. karena, pas lebaran banyak sekali tante-tante, om, kakek,bahkan tetangga yang kayak pun mau memberi uang kepada anak-anak yang datang kerumahnya. pastinya saat lebaran uangku berlimpah ruah. nah sekarang? ups giliran nih sepupu dan keponakan yang kecil-kecil mengantri begitu aku datang ke rumah nenek. lucunya aku jadi inget masa kecilku dulu yang bertingkah seperti mereka. begitu tante-tante pada datang ke rumah  nenek aku langsung memasang muka memelas dan memberi isyarat kepada mereka.

nah kalau ketupat ma opor ayam ini memang tidak bisa dipisahkan di momen lebaran ini. dua sejoli ini seolah-olah jadi atribut wajib di meja makan saat hari lebaran. saking wajibnya aku jadi eneg (bosan -red) melihatnya gara-gara setiap rumah membuat masakan ketupat dan  opor ayam. c’mon guys make something different! andaikata nih aku sudah berkeluarga dan punya rumah sendiri. aku gak bakalan bikin ketupat dan opor karena mereka para tamu sudah bosan memakan menu itu dari pagi hari. jadinya boleh dong sekali-kali lebaran kita masak kwetiaw seafood, bakso (yang palinh simple), atau bahkan rujak, nah lo!

pastinya setiap tahun ada kejadian lucu yang membuat kita ingat momen lebaran tiap tahunnya. kalau lebaran tahun ini adalah lebaran yang agak sepi. masalahnya aku tidak bisa bersilaturahmi dengan teman-teman satu kampus yag satu kota denganku. pasalnya, aku sudah menghubungi salah satu dari mereka tapi mereka pada sibuk masing-masing. pun karena kita sudah bekerja hari minggu sudah pulang kembali ke kota dinas masing-masing. berbeda dengan aku yang memang mengambil cuti sampai tanggal sepuluh.

namun ada penyesalan yang mungkin bisa jadi pelajaran buat semuanya. aku gak maksimal dalam beribadah Ramadhan tahun ini. akankah aku bertemu lagi tahun depan?

Amin! Ya Allah, kasih satu kesempatan lagi ya!


Leave a Reply

Categories

