Posted by: aang | December 30, 2008

Resolusi Tahun 2009


Banda Aceh, 27 Desember 2008

Gak terasa kalau tahun 2008 sudah tinggal empat hari lagi. gak kerasa juga kalau aku sudah tinggal di banda aceh hampir satu setengah tahun. Gak terasa juga kalau tahun ini adalah tahun ke empat dari peringatan Bencana Tsunami. Ya waktu berjalan begitu cepat sehingga semuanya terasa cepat berlalu saat kita diam sebentar menengok ke belakang.

Di penghujung tahun ini semua serba sibuk untuk mengevaluasi kinerja baik itu institusi/instansi pemerintah, perusahaan swasta, bahkan kita sendiri sebagai individu. mengevaluasi sejenak atas apa saja yang telah kita lakukan hampir selama tahun 2008 ini. apakah banyak target yang berhasil di raih atau mungkin lebih banyak kegagalan di tahun ini.

setelah kita sibuk mengevaluasi apa yang sudah berjalan selama setahun maka semua membuat perencanaan untuk satu tahun ke depan. Kalau bagi sebuah institusi/perusahaan kita sebut Rencana Kerja maka bagi kita lebih ngetrend disebut resolusi. Semua media serentak membahas Resolusi Tahun 2009 dan bahkan artis pun gak kalah pamer mengenai Resolusi mereka di tahun 2009. sedangkan aku? ya diam-diam akupun sedang merumuskan Resolusi atau bahasa sederhananya yaitu target-target yang akan aku capai selama tahun 2009.

bagiku, pergantian tahun bukanlah suatu peristiwa besar yang harus dirayakan karena itu hanyalah sebuah konsep perhitungan waktu. namun, momen pergantian tahun aku pergunakan sebagai titik awal dari perubahan rencana atau target-target untuk satu tahun ke depan. alasannya? gampang sekali untuk mengingat tanggal 1 Januari. lalu apakah wajib bagi kita membuat resolusi? perlukah kita membuatnya atau hanya sekedar ikut-ikutan saja? jawaban yang pasti adalah hidup akan berjalan lebih baik jika kita merencanakannya. walau ada yang berprinsip go with the flow tapi bagiku bukan berarti kita tidak membuat suatu perencanaan.

ahli perang mengatakan bahwa perencanaan yang matang sebelum peperangan dimulai adalah awal dari sebuah kemenangan. maka bagiku kemenangan akan mudah diraih jika kita merencakan apa-apa saja yang akan kita lakukan selama setahun ke depan. harus! wajib!

Tahun 2009 bagiku adalah tahun yang akan penuh dengan segala tantangan. akan ada Tes D IV STAN di bulan agustus di mana aku diharuskan lulus (jika tidak tertinggal kariernya).  Lalu tantang untuk menyelesaikan kursus bahasa Inggris di tingkat Advanced.  kalau lancar maka setahun ini aku bisa menyelesaikannya.. amien to that. sedangkan dari segi pekerjaan, aku berpikir aku harus lebih maksimal memberikan segala daya potensiku dan ingin memberi warna dan jejak yang indah pada unit kerjaku yang sekarang. aku sih berharap aku bisa memberikan terobosan-terobosan baru dalam hal manajemen di kantor sehingga keberadaanku lebih bermakna terutama label yang sudah melekat di dalam diriku kalau “anak muda harus kreatif”. sedangkan dalam hal keuangan aku juga sudah mulai menjalankan program menabung di awal bulan sejak tiga bulan yang lalu dan aku berharap tetap berjalan setahun ke depan bahkan mungkin saldo simpanan per bulannya. cinta? nikah? aku enggak tahu apakah pada tahun 2009 aku akan menikah yang jelas aku sudah berniat dan menapaki jalan menuju ke sana, pastinya, aku sudah mulai memperdalam kualitas dan kuantitas ibadah. karena aku tahu kalau kondisi keimanananku masih kayak sekarang maka niat nikah akan hanya sebatas angan-angan.

secara simple itu yang akan aku lakukan sepanjang tahun 2009. aku sengaja membuatnya tidak muluk-muluk dan tidak terlalu banyak tapi cukup beberapa saja dan fundametal. semoga semua targetku atau resolusi pada tahun 2009 berjalan lancar. amien amien….

*sedang berduka atas kebiadaban Israel atas saudara-saudaraku di Palestina*


Leave a Reply

Categories

