Posted by: aang | June 8, 2009

Inside Subulussalam part 1


Ini adalah bagian dari ceritaku selama di Subulussalam. Rencananya aku akan berada di di sini selama 39 hari dan tiap 13 hari aku harus balik ke Banda Aceh untuk menyampaikan laporan. Minggu ini adalah bagian pertama dan sabtu depan aku balik ke banda.

Oke, jadi Kotamadya Subulussalam adalah kota yang baru saja berdiri selama 2 tahun dan sebelumnya kota ini bagian dari wilayah Kabupaten Singkil. Kota ini berada di perbatasan antara wilayah Provinsi NAD dengan Provinsi Sumatera Utara. Lebih tepatnya bersebelahan dengan Kab Singkalan yang terkenal dengan hawa dinginnya. Untuk mencapai ke sana ada berbagai alternatif semua itu tergantung dengan kondisi keuangan dan fisik. Untuk mencapai Kota Subulussalam ada beberapa alternatif, yaitu:

1. Via Banda Aceh – Subulussalam. Jadi rute ini lewat kota Banda Aceh – Pidie – Meulaboh – Tapak Tuan – Subulussalam. Kendaraan yang tersedia adalah mobil umum jenis L300 dan waktu yang ditempuh bisa jadi lebih dari 14 jam . Rute yang harus kita lewati pun sangatlah berat dan antara Pide – Meulaboh jalannya banyak yang longsor. Perjalanan sangat tidak nyaman karena model L300 yang ada sangatlah sederhana. Bisa-bisa pantat kita terasa datar dari sebelumnya yang terasa sintal :p . namun, hal ini akan terasa menyenangkan jika kita memiliki kendaraan pribadi. Kita bisa sekaligus menikmati panorama pegunungan yang indah selama perjalanan.

2. Naik Pesawat Via Banda Aceh – Singkil dan kemudian lewat darat Singkil – Subulussalam. Biasanya menggunakan pesawat kecil armada SMAC yang plesetannya itu Siap Mati Atau Cacat. Gara-gara rumor itu banyak orang yang enggan untuk menggunakan alternatif ini. Kabar Gembiranya adalah sudah ada armada baru yang akan mengantar kita ke sana dengan menggunakan pesawat baru dan kapasitasnya lebih banyak. kabar buruknya untuk rute singkil sementara belum di buka. nah dari bandara singkil menuju Kota Subulussalam cukup memakan kurang lebih satu jam.

3. Alternatif ketiga adalah Via Banda Aceh – Medan – Subulussalam. Nah alternatif ini cukup terjangkau tapi cukup melelahkan juga. Pilihan ini di bagi dua yaitu ke medan dengan naik bus atau pesawat. Kalau ingin naik pesawat ya tergantung harga tiket juga apakah sedang ada promo atau tidak. kalau sedang ada promo maka tidak ada salahnya naik pesawat toh jatuh total biaya transportasinya hanya terpaut 100 – 150 ribu saja. Kalau ingin naik Bus Malam maka harga tiketnya pun bervariasi. Dari Bus Non Stop dengan susunan Kursi 2 – 1 (2 di sisi kanan dan satu di sisi kiri) yang harganya 200 ribu. Jenis ini cocok bagi anda yang ingin mengutamakan kenyamana dalam perjalanan dan tetap terjangkau. tapi kalau tiket pesawat masih di bawah 300 ribu lebih baik naik pesawat aja. Bus Malam Non STop yang biasa juga ada bahkan yang ekonomis pun ada sampai-sampai lutut anda tidak bisa bergerak. Nah rata-rata tiap Bus Sampai ke Medan pukul 7-8 pagi. Begitu sampai kamu bisa mandi-mandi dulu dan ganti baju. lalu meneruskan perjalanan dengan travel yang ada di sekitar jalan gajah mada Medan. Pilihannya banyak ada travel dengan menggunakan mobil Kijang Innova, KIA Prestigio, Kijang Kapsul, atau L 300. Nah saya sarankan naik Kijang Innova saja cukup 90 rb per orang. Karena perjalanan Medan – Subulussalam sangatlah berat. Selain karena kita akan mendaki gunung kondisi jalan di area sumatera utara sangatlah jelek. jadi siap-siap mabuk bagi kamu yang gampang mabuk dalam perjalanan. Kondisi jalan mulai bagus pas kita memasuki wilayah NAD ironis bukan?? oh ya waktu tempuhnya bisa antara 5-6 jam perjalanan.

Nah, klo sudah berada di Subulussalam maka patutnya kita membicarakan penginapannya. jangan heran dan jangan kaget kalau di Subulussalam ada hotel berbintang 3 dengan layanan yang prima dan harga oke. Nama Hotel itu adalah Hotel Grand Mitra Subulussalam yang masih di bawah manajemen Hotel Hermes Palace di Banda Aceh. Nah untuk reservasi bisa hub 0627 31911/2. Hotel ini ada 3 tarif yaitu standar : 300 ribu .. Superior : 400 ribu dan Deluxe : 500 ribu nah karena sedang promosi bagi kamu yang bakalan tinggal lama dapat diskon kurang lebih sampai 30 ribu per malam.

Kebetulan aku menginap di Grand Mitra dan memang layanannnya seperti hotel berbintang. Sistem keamanan pintu memakai ID Card bukan lagi dengan kunci manual. Walaupun untuk kamar standar sempit untuk berdua tapi tetap nyaman kok. Klo sendiri terasa lega dan kamar mandinya ada air panasnya juga. Jadi kalo bangun pagi-pagi dan kedinginan bisa langsung mandi dengan air panasnya. Fasilitasnya ada sarapan tentunya, wi-fi di restaurant dan ruang tunggu, dan fasilitas karaoke tiap Jumat-Minggu dengan HTM 25 ribu saja gratis soft drink.

oke, cukup sampai di sini infonya. mengenai kotanya aku belum bisa cerita. tunggu kisah selanjutnya setelah aku selesai berkeliling di Subulussalam.


Responses

  1. Wew, informasi yang cukup berguna bagi pendatang dari luar kota Subulussalam yang berencana bepergian ke Kota Subulussalam.

    Hal penginapan di Subulussalam sudah anda jelaskan,, dan terima kasih untuk itu. Selain faktor di atas, potensi wisata di Subulussalam juga sangat banyak. Namun, hal ini masih menjadi perbincangan hangat disebabkan belum adanya keseriusan dinas terkait untuk mempromosikan wisata yang ada di subulussalam.

    At least, u have a nice blog.

    Regards,

    Hendra Herawan

  2. ongkos SMAC dari Banda ke singkilnya berapa ya? and jalan darat via pidie ke subulussalam brapa?

  3. aq merasakan nginap di grand mitra lokasinya cuma besarnya saja…air mandinya tak bagus danyang paling tak bagus pegawainya belum profesional dalam pelayanan dan sepertinya tak pernah dilatih…
    halaman depan siang hari gersang dan tak ada matahari tetap panas…saya meminta kepada milik hotel tolong para pegawai manajement dilatih lagi atau ganti aja…

    • what did you expect more with in the small city? at least, dengan ukuran kota sekecil itu pelayanan hotel bersangkutan sudah bagus.🙂

  4. wah subulussalam bagus ya smoga menjadi kota metropolitan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: