Posted by: aang | June 8, 2009

Perempuan Berkalung Sorban (DVD) – Sebuah Kontroversi


Saya penasaran dengan film ini karena film ini menimbulkan kontroversi di masyarakat. Tentunya aku ingin membuktikan seberapa jauhkan film ini menimbulkan kontroversi.

Dari awal film memang inti dari cerita ini sangatlah sensitif dan akan mengundang kontroversi. Mengangkat Tema “Perempuan dalam perspektif Islam” tentunya akan menjadi perdebatan hebat. Menurutku film ini berusaha menggambarkan perspektif pria muslim pada umumnya tentang posisi wanita dalam Islam bukan tentang Perempuan dalam syariat Islam. Namun, untuk membedakan ini butuh penilaian hati-hati dan tergesa-gesa sehingga nantinya tidak menimbulkan kontoversi seperti sekarang. Masyarakat Islam pada umumnya tersinggung mungkin karena merasa ajaran Islam di Film ini di kaburkan dan menyudutkan Islam. Padahal menurut saya Film ini menyindir pandangan masyarakat Islam pada umumnya yang kurang adil pada perempuan dan selalu memakai dalil Al Quran dan Hadist untuk memojokkan perempuan. Banyak berdalih bahwa pembuat cerita film ini tidak mengetahui atau kurang paham karakteristik, budaya, dan tradisi dalam Pesantren. Nah sekali lagi ini menceritakan kondisi salah satu pesantren yang saya yakin pasti ada seperti itu. menurut saya juga Film ini ingin menunjukkan bahwa seorang pimpinan Kyai itu  bukanlah Nabi melainkan manusia sehingga tidak bisa dijadikan tuntunan. Hanya Rasulullah yang dijadikan tuntunan nah bila sang Kyai melenceng ya lawan saja. Di Daerah saya Pasuruan malah terjadi pengkultusan pada diri seorang kyai. Orang-orang berebutan mencium tangannya dan meminum air bekas cucian tangannya. Kalau tidak percaya silahkan membuktikan sendiri. Karena kejadian ini memang ada apalagi gambaran anak sang Kyai yang pemabuk. Wah itu wajar pasti ada bukan berarti semua anak Kyai rusak tapi memang ada. Karena di Jawa Timur Kyai dan keluarga sudah dianggap bangsawan suci di mana kalau kita bisa menikahi anak dari Kyai maka mereka percaya akan mendapatkan berkah dan kebanggaan luar biasa. apalagi Kyai itu keturunan Wali Songo atau masih bersaudara dengan Kyai besar. Kalau tidak percaya silahkan datang ke Pasuruan tiap malam jumat banyak orang berdatangan di Makam belakang Masjid Alun2 untuk berdoa di sana katanya mustajab.  Hal itu salah satu bukti perlakukan Kyai di masyarakat terlalu berlebihan persis yang digambarkan dalam film ini.

Lalu apa kontroversinya? kalau dibilang menyesatkan ya Film itu adalah sebuah tontonan bukan tuntunan. Tuntunan bagi musliman hanyalah AL Quran dan Hadist. Kalau di bilang menjelekkan tidak juga. Ada kok kejadian seperti itu bahkan ada kawan saya alumni sebuah pesantren malah bilang dia bisa mengganja di lingkungan pesantren tersebut.

Kembali ke Film, secara umum memang ada kekurangan dalam plotnya tapi saya suka dengan sinematografinya. Apalagi setting di pinggir pantai tersebut sangatlah bagus dan pas.akting pemainnya saya rasa pas dan Revalina cukup memuaskan memainkan peran ini walau pada awal saya ragu akan kemampuan akting dia.

Namun, terdapat kejanggalan dalam ceritanya dan sangat merusak cerita dalam keseluruhannya. Adegan saat paklek Ihsan meninggal tertabrak menurut saya terlalu dramatis. harusnya di buat lebih alami dan tidak terlalu berlebihan. Kemudian penutupan cerita di film ini yang menurut saya sangatlah cheesy dan sinetron banget/Hollywod banget.

terlepas semua itu mengapa masyarakat menganggap itu sebuah kontroversi? Saya lebih cenderung menganggap bahwa masyarakat kebakaran jenggot karena realita sebenarnya terungkap. Bahwa memang ada beberapa oknum yang beragama Islam dan berlindungan di balik Dalil-dalil dan hadits-hadits menyudutkan posisi Perempuan. Bahwa memang ada pengkultusan terhadap seorang Kyai. Itu semua ada lantas mengapa kita marah dan kebakaran Jenggot?


Leave a Reply

Categories

