Tv Show : Brothers and Sisters

Season : Season 1 – Season 4 (ongoing)

Production : ABC

Perkenankan saya mengenalkan kembali Serial TV favorit saya dan benar-benar saya rekomendasikan buat pembaca jika ingin mencari tontonan drama yang bernuansa keluarga. Tontonan ini bagus sekali jika kita tonton bersama dengan keluarga kita ya kalau sendirian juga tidak apa-apa. Setidaknya ketika anda menonton ini sesekali anda akan menggumam dan berpikir “yah, aku pernah mengalami itu dengan kakakku atau keluarga”. Siap-siap bagi anda yang jauh dari keluarga karena serial ini membuat anda menjadi benar-benar rindu berada di tengah-tengah mereka.

Jadi ini adalah jajaran tokoh utamanya :

1. William Walker diperankan oleh TOm Skerrit. Suami dari Norah Walker dan Ayah dari 2 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Ia memiliki perusahaan keluarga Ojai Foods di mana saudara iparnya menjadi manajer keuangan. Sarah walker dan Tommy Walker ikut bekerja di dalamnya. Ia bukanlah tokoh utama dalam serial ini tapi bisa dikatakan tokoh sentral di balik semua permasalahan yang ada di season 1-3.   Di episode pertama Ia diceritakan meninggal saat perayaan Ulang tahun Kitty Walker. Saat itulah satu per satu mulai terungkap rahasia yang selama ini dirahasikan sang pemimpin keluarga Walker dan dampaknya.

2. Nora Walker diperankan oleh Sally Field.  Istri dari William Walker dan Ibu bagi kelima anaknya. Di awal episode dia memiliki hubungan yang  tidak sehat dengan anaknya, Kitty Walker. Saat suaminya meninggal dengan cara dan waktu yang tak terduga. Ia harus berhadapan dengan rahasia-rahasia yang  disimpan suaminya selama ini dan berbagai masalah yang ditimbulkannya. Termasuk istri simpanan William Walker yaitu Holly Harper yang kemudian mempunyai anak perempuan dan semua orang menduga bahwa itu adalah hasil hubungan William dan Holly. Dia adalah ibu yang sangat perhatian dengan kelima anaknya dan juga orang-orang di dekatnya. Sehingga sang anak perlu memberi batasan tegas pada Ibunya agar tidak ikut mencampuri urusan anak-anaknya.

3. Sarah Walker diperankan oleh Rachel Griffiths yang terkenal lewat serial Six feet Under. Anak pertama dari keluarga Walker di mana Ia harus menjadi tulang punggung bagi keluarga sementara suaminya tinggal di rymah untuk mengurus kedua anaknya, Paige and Cooper.  Ia wanita cerdas dan mempunya Intuisi yang kuat mengenai bisnis. Itulah kenapa Ia diminta ayahnya untuk ikut mengurus perusahaan keluarga Ojai Foods.  Ia terkenal keras, high self esteem, dan istri yang setia.

4. Kitty Walkers diperankan oleh Calista Flockhart (ingat serial Ally Mcbeal?). Ia satunya-satunya anak keluarga Walkers yang bekerja di dunia politik. Ia memegang prinsip konservatif sama seperti ayahnya dan saudaranya Tommy. Awal karirnya dia menjadi host dalam program talkshow tentang dunia politik. Ia seorang Republican di mana Ia mendukung adiknya, Justin Walker, untuk pergi ke Afghanistan setelah kejadian 9/11. Di saat itulah hubungannya dengan sang Ibu meregang.

5. Tommy Walker diperankan oleh Balthazar Getty (terkenal lewat serial Alias dan juga pernah muncul di Serial Charmed). Tommy Walker anak laki-laki pertama di keluarganya.  Terkenal pekerja keras, keras kepala, dan memiliki rasa kepemilikian yang kuat dengan Ojai Foods.  Ia menikah dengan Julia dan belum juga dikarunia seorang anak. Semenjak meninggalnya sang Ayah ia merasa yang paling bertanggungjawab atas kelangsungan perusahaan Ojai Foods dan Keluarga besar Walkers.

6. Kevin Walkers diperankan oleh Matthew Rhys. Ia berkarir sebagai seorang pengacara dan menjadi pengacara bagi Perusahaan Ojai Foods. Ia adalah seorang Gay dan sosok yang paling sinikal dalam keluarganya. Jika ingin mendapatkan oponi jujur dan sejujurnya maka Ialah sosok yang tepat.

7. Justin Walker diperankan oleh Dave Annable. Anak bungsu dari keluarga  dan menjadi buah hati di keluarga besar walker. Ia memutuskan untuk bergabung di militer dan berangkat ke Afghanistan dan kemudian ke Iraq.  Ia kemudian menjadi narkoba sehingga saat dia dipanggil negara dan harus ke ikut pergi ke Iraq ia merasa berat karena takut akan kecanduan lagi. Ia menjadi pria muda yang popular diantara banyak gadis namun akhirnya Ia berpacaran dengan Rebecca.

8. Uncle Saul diperankan oleh Ron Rifkin. Saudara satu-satunya yang dimiliki oleh Nora. Saul menjadi kaki tangan saudara iparnya dan menjadi kepercayaan William. Dialah satu-satunya yang menjaga rahasia William demi adiknya Nora. Walaupun pada akhirnya semua rahasia itu terbongkar semua dan Ia harus menangguang semua itu.

Selain menceritakan tentang keluarga Walkers, Serial ini juga menampilkan tokoh-tokoh lain yang juga memegang peranan penting dalam cerita.

1. Holly Harper diperankan oleh Patricia Wettig (masih ingat wakil presiden Amerika di serial Prison Break?). Dia adalah musuh utama keluarga Walkers karena dialah WIL William Walker dan semua anggota keluarga walker dikagetkan dengan apa yang ditinggalkan oleh sang Ayah untuk istri simpanannnya ini. Dia adalah mantan Aktris yang akhirnya bersedia menjadi istri kedua dari William. Dia mempunyai anak bernama Rebecca dan semua mengira bahwa ini anak mereka berdua.

2. Rebecca Harper diperankan oleh Emily VanCamp (masih ingat serial Everwood?). Dia adalah satu-satunya putri Holly Harper dan semua orang mengira dia adalah anak William juga. Sehingga otomatis Ia adalah saudara dari the Walkers or we can call it “half sister”. Keberadaannya diterima baik dengan Nora Walker yang saat itu masih belum menerima penghianatan suaminya. Akhirnya saat semua terungkap Ia jatuh cinta dengan Justin Walker.
3. Robert McCallister oleh RObe Lowe. Duda dengan dua anak dan Seorang Senator dari partai Republic yang akan ikut kompetisi menjadi Presiden Amerika saat itu. Ia bertemu dengan Kitty Walker di Tallk Show milik Kitty dan kemudian Ia meminta Kitty untuk menjadi Communication Director untuk tim suksesnya. Akhirnya mereka saling jatuh cinta dan menikah.
Julia Walker
4. Julia Walker yang diperankan oleh Sarah Jane Morris. Ia istri dari Tommy Walker dan sangat menginginkan kehadiran buah hati dalam usia pernikahan mereka yang sudah cukup lama. Setelah mengadakan berbagai test akhirnya diketahui bahwa Tommy dinyatakan steril.
Hal yang paling saya suka dari serial ini adalah mengenai hubungan sebuah keluarga dan berbagai intrik di dalamnya.  Bagaimana antara saudara satu sama lain bertengkar, beragurmen, dan akhirnya saling memaafkan. Bagaimana seharusnya menjadi bagian dari sebuah keluarga dan menerima semua kelebihan dan keluarga seluruh anggota keluarga. Saya pikir serial ini menceritakan betapa pentingnya keberadaan sebuah keluarga walaupun dengan berbagai intrik di dalamnya. Walaupun di dalam cerita ini ada kisah perceraian tapi saya menanggap sang Sutradara ingin menggambarkan bahwa perceraian adalah mimpi buruk dan kalau bisa kita hindari. Lupakan serial Desperate Housewives yang penuh dengan kisah perselingkuhan dan kurang nyata bagi saya. Di serial ini kita akan mendapatakan betapa perlunya membina hubungan yang sehat dengan keluarga kita.
Selamat menikmati dan berikan opini anda jika anda sudah menontonnya.
Posted by: aang | January 10, 2010

Here I am

Here I am

Alone …..

and there is dark ahead

where the future takes me… I don’t Know

All I know I have to take a move forward

Alone… By Myself……


Here I am

Still wondering if there is better day ahead and for me

still dark ahead and I can’t see anything through

I won’t regret the past

I won’t move backward or just stay here

I have to go

even still there is a dark ahead

this child inside  is being older

can’t decide any better


Here I am….

Whispering my pray

Wishing God Show me the way

Posted by: aang | January 4, 2010

“Ang, gue kena HIV”

Kemarin, minggu sore sewaktu saya iseng-iseng online sebelum mandi sore. Ada seorang kawan lama yang menyapa dan mengajak chatting barang sejenak. Hubungan kami tidak terlalu dekat tapi lumayan akrab setidaknya jika kami mengobrol ada topik yang bisa diangkat dan sama -sama nyambung. Lalu iseng isesaya bertanya pada Dia alasan kenapa Dia sekarang bertobat. Apakah musiman atau memang Dia mendapatkan pencerahan. Setidaknya Saya bersyukur punya teman yang berubah ke arah kebaikan. Lantas Dia dengan sukses membuatku kaget dan terperangah ketika dia mengaku

“Ang, Aku terkena HIV udah 2 tahun yang lalu”, lantas saya diam begitu membaca tulisan tersebut. I don’t know how to react and How to say it back. I just acted stupid by asking “iyakah? darimana elo tahu?”. Bodohnya saya bertanya seperti itu.  Singkat kata dia bercerita kenapa dia bertobat dan bersyukur sudah diingatkan ma Allah dengan penyakit ini. Setidaknya Ia tahu pasti bahwa kematian sudah mendekat dan Ia harus banyak-banyak bertobat dan berbuat kebaikan. Pantas saja Dia berubah menjadi lebih religius dan benar-benar berubah.

Saya melakukan kebodohan lagi, “terus elo gimana?” dan dia menjawab, “gue cuma pengen melakukan amal kebaikan. Salah satunya ya mengingatkan elo. Kita saudara karena sesama muslim. Karena kita saudara gue sayang ma elo. makanya elo harus hati-hati dan jangan berzina”.

Nasehat sederhana itu langsung menohok hati saya (lebay banget ya?) dan membuat saya terpaku untuk sesaat. Oke, Dia tidak ada tedensi apa-apa menyampaikan hal ini dan sangat tidak mungkin Dia hanya berpura-pura demi membuat sebuah lelucon. Lantas Saya merenung kok bisa ya Dia bersyukur atas penyakit tersebut. Bukannya malah malu dan merasa diperlakukan tidak adil oleh Tuhan. Malah Dia bersyukur karena diingatkan bahwa hidupnya ada batas waktunya. Diam-diam Saya menganggumi sikap Dia yang menerima nasib itu dan berusaha berbuat terbaik di sisa hidupnya. Walaupun saya berpikir tidak ada jaminan Dia meninggal lebih dahulu ketimbang Saya.

Lagi-lagi saya mendapatkan pelajaran berharga dari orang-orang di sekeliling saya. Langsung deh saya mengucapkan istighfar dan segera mendoakan Dia agar diterima taubatnya dan diberi khusnul khotimah. Bagi pembaca yang mengikuti status facebook saya pasti akan mengerti kenapa kemarin saya memang status tersebut.

Apapun itu, saya menghargai usaha dia untuk mengingatkan teman-temannya untuk kembali ke jalan yang benar. Alih-alih menyalahkah takdir dia malah berbuat sebaik mungkin di sisa hidupnya. Yah, walaupun kematian masih menjadi rahasi besar karena tidak ada jaminan Saya hidup lebih panjang dibandingkan Dia.

Berdasarkan Wikipedia HIV adalah

HIV (human immunodeficiency virus) adalah sebuah retrovirus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia – terutama CD4+ Sel T dan macrophage, komponen vital dari sistem sistem kekebalan tubuh “tuan rumah” – dan menghancurkan atau merusak fungsi mereka. Infeksi dari HIV menyebabkan pengurangan cepat dari sistem kekebalan tubuh, yang menyebabkan kekurangan imun. HIV merupakan penyebab dasar AIDS.

NB: tidak akan melayani pertanyaan siapa orang tersebut. karena sudah berjanji akan merahasiakan nama dia.

Posted by: aang | January 4, 2010

We all have our own problems, don’t we?

Pertanyaan ini menggelitik saya saat saya menghadiri sebuah rapat atas kegiatan yang bersifat volunteered atau bersifat sukarela. Sebelumnya tidak perjanjian yang mengikat atau pasti kapan kita harus berkumpul. Maka saya pun berpikir rapat ini tidak begitu formal dan cuma kumpul-kumpul saja sambil diskusi. Singkat cerita saya hadir di sana setelah saya bertanya sendiri kepada sang pemilik gagasan kapan rapat itu akan digelar. Saya hadir telat begitu pun dengan sebagian peserta yang lain tapi tidak ada yang merasa keberatan karena memang ini panggilan tidak formal. Nah, rapat yang berjalan sangat singkat itu dipimpin dengan pembawaan yang sangat tidak mengenakkan. Kata-kata yang terlontar ketus dan tanpa agenda rapat yang jelas.  Sampai-sampai ada peserta rapat yang tidak terima akhirnya menginterupsi jalannya rapat dan bertanya agenda rapat sore ini apa saja dengan nada yang cukup tinggi. Cukuplah bagi saya dan anggota rapat lain tahu bahwa dia sudah kehilangan kesabaran. Oke, rapat ini ternyata membahas tentang lomba drama berbahasa inggris dan apakah kita mau mengikuti lomba tersebut. Ternyata sang pemimpin rapat masih terbawa emosi entah karena apa sehingga pembahasan belum selesai. Ia kemudian meminta notulen membacakan hasil rapat lalu ia menutupnya. Setelah mengucapkan salam ia pergi begitu saja dengan alasan mempunyai agenda lain dan memang rapat ini dijadwalkan selesai pukul setengah enam. Oke, bagi  kami tidak masalah toh kami masih bisa meneruskan diskusi tanpa kehadiran Dia. Lalu, saya tidak sengaja melihat Sang pemimpin rapat tersebut cuma duduk di sisi lapangan basket dan melihat permainan yang sedang berlangsung. Selepas Maghrib saya menerima sms yang berisi sms permintaan maaf atas sikap orang itu tadi saat dia membawakan rapat. Alasan yang ia kemukaan adalah ia sedang mempunyai masalah dan sedang sensitif. C’mon! He is a guy and He is 26 years old.

Lalu terbesit pertanyaan di pikiran saya, bukankah kita mempunyai permasalahan masing-masing dalam kehidupan kita?  Bukankah sebagai manusia yang masih hidup maka masalah akan mendera kita tiada henti? Bukankah itu proses pendewasaan? Lantas, apa kita harus menunjukkan ke semua orang kalau kita sedang mempunyai masalah? Seolah orang lain tidak mempunyai masalah dalam hidupnya?

Saya sedang mengalami masalah saat ini  dan saya yakin begitupun anda saat ini. Tapi, bukan berarti kita kehilangan alasan untuk selalu tersenyum dan bersikap baik kepada orang kan? Oke, saya tahu kalau ada tipe orang yang sangat sensitif  dan moody. Buat saya ini bukan pembenaran untuk memperlakukan orang lain, yang tidak tahu masalah kita, dengan ketus dan kasar.

Dulu saya moody dan sensitif bahkan sekarangpun sifat tersebut masih ada. Dulu jika saya merasa saya sedang dalam keadaan mood yang kurang baik maka saya akan melarang diri saya sendiri untuk bertemu orang lain kecuali bekerja. Contohnya, saat teman-teman saya ingin bertemu di sebuah kafe dan kondisi mood saya jelek maka saya dengan berbagai alasan akan menolak untuk bergabung. Hal ini bukan bermaksud untuk jaga image atau apapun itu melainkan untuk menjaga perasaan orang lain. Agar mereka yang sebenarnya tidak tahu apa-apa dan tidak bersalah itu tidak terkena perkataan saya yang ketus dan kasar.  So, I played safe when My Mood was so bad.

Kini pun saya melihat masalah bukanlah sebagai beban atau pengurang alasan saya untuk menikmati hari ini dan untuk tidak tersenyum. Saya berpikir bahwa masalah akan selalu ada dalam hidup kita. Karena itulah proses pendewasaan dan perbaikan diri kita. Di saat kita meminta kepada Tuhan untuk dijadikan pribadi yang lebih sabar. Maka kita harus menjalani proses di mana kesabaran kita diuji. Karena kesabaran itu harus dilatih bukan didapat begitu saja seperti durian runtuh. Kini saya mencoba untuk selalu tersenyum dan tidak menampakkan wajah ”hey saya sedang mengalami masalah berat tolong dimengerti akan semua sikap saya”. No way! Semua orang mengalami masalah dalam kehidupannya dan sesuai dengan kadarnya. Kadang kita memandang masalah yang sedang menimpa orang lain itu masalah sepele begitu juga orang lain memandang masalah yang sedang kita hadapi. Lantas, apa alasan kita untuk tidak bersikap tenang, baik, dan santun walaupun kita sedang dalam masalah besar?

Kejadian tersebut membuat saya merenung kembali bahwa memang untuk menjaga emosi itu sangatlah susah dan bukan perkejaan gampang. Bukan berarti itu mustahil kan? Mari kita tersenyum sehingga orang lain merasa ceria begitu melihat kita. Syukur mereka mendapatkan energi positif dari senyuman sehingga mereka nyaman berada di antara kita. Semangka!

Posted by: aang | December 31, 2009

Selamat Datang Tahun 2010

sudah ga terasa ya beberapa jam lagi kita sudah memasuki Tahun 2010. Kayaknya, semua orang sedang sibuk melakukan persiapan buat acara Tahun Baru yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Bagi yang belum tahu mau melakukan apa sedang sibuk mengajak teman-temannya untuk berkumpul dan mengadakan acara. Sedangkan saya sama sekali tidak sibuk memikirkan apapun untuk malam ini. Satu-satunya hal yang membuat saya ingin bergadang malam ini adalah adanya Gerhana Bulan yang akan terjadi sekitar pukul satu malam nanti.

Naifkah saya? Saya rasa tidak. Karena, sejauh yang  ingatan saya selama 5 tahun terakhir bahkan lebih. Saya tidak pernah merasa begitu antusias dalam menunggu malam pergantian hari. Hal yang paling saya suka dulu adalah ketika Stasiun Teve berlomba menayangkan konser musik dan film. Selepas itu saya sudah tertidur bahkan sebelum jam 12 tepat di mana detik pergantian tahun itu berlangsung. Sedangkan malam ini saya baru menyusun kegiatan yang bisa saya lakukan agar tidak mengantuk dan bisa melihat gerhana bulan langsung, itupun jika cuaca cerah.

Walaupun malam pergantian tahun baru bagi saya adalah hal biasa. Tapi ada satu hal yang tetap saya lakukan tiap tahunnya seperti orang pada umumnya yaitu membuat “Wishlist” dan juga “Resolusi” untuk Tahun 2010. Kenapa harus pada pergantian tahun? Alasan saya sih sederhana saja yaitu mudah untuk menentukan batas waktunya. Maksud saya jika saya membuat target-target untuk tahun 2010 maka pada penghujung Tahun 2010 nanti atau satu tahun dari sekarang itulah batas akhirnya. Sehingga lebih mudah untuk diingat dan menentukan batasnya. Layaknya anggaran pemerintah yang dimulai pada awal tahun dan diakhiri pada akhir tahun yang bersangkutan.

Pertanyaan selanjutnya, penting ga sih membuat target-target di setiap tahunnya? Jawabannya tergantung pada kepribadian masing-masing. Ada orang yang cuma ikut-ikutan saja membuat resolusi biar terkesan keren dan gaul. Ada yang memang membuat sungguh-sungguh dan benar-benar melaksanakan apa yang sudah ditarget. Ada juga tipe orang yang santai dan mengalir saja tapi bukan berarti dia tidak mempunyai perencanaan apapun. Bagi saya, saya perlu mencanangakan apa saja target-target pada tahun 2010 agar bisa lebih terarah dan untuk kepuasan pribadi. Apalagi jika target-target tersebut bisa terpenuhi.Intinya semua orang pasti punya perencanaan nah implementasi dari perencanaan itulah dari tiap-tiap orang berbeda.

Tips dari saya jika ingin membuat perencanaan untuk tahun 2010 adalah buat rencana yang sederhana. Maksudnya adalah buat rencana yang bisa membawa sisi idealis dan realis dalam keadaan seimbang. Jadi pada nantinya anda tidak dibuat susah sendiri dengan perencanaan anda.

Jadi apakah anda sudah membuat target dan harapan di Tahun 2010?? Semoga tahun 2010 kita bisa hidup lebih baik dan bangsa ini pada umumnya lebih sejahtera. Amin,

Older Posts »

Categories